Teori -Teori Belajar (Piaget, Bruner, Vygotsky)
Pada prinsipnya proses belajar yang dialami manusia berlangsung sepanjang hayat, artinya belajar adalah proses yang terus-menerus, yang tidak pernah berhenti dan terbatas pada dinding kelas. Hal ini didasari pada asumsi bahwa di sepanjang kehidupannya, manusia akan selalu dihadapkan pada masalah-masalah, rintangan-rintangan dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan ini. Prinsip belajar sepanjang hayat ini sejalan dengan empat pilar pendidikan universal seperti yang dirumuskan UNESCO, yaitu: (1) learning to know, yang berarti juga learning to learn; (2) learning to do; (3) learning to be, dan (4) learning to live together.
Learning to know atau learning to learn mengandung pengertian bahwa belajar itu pada dasarnya tidak hanya berorientasi kepada produk atau hasil belajar, akan tetapi juga harus berorientasi kepada proses belajar. Dengan proses belajar, siswa bukan hanya sadar akan apa yang harus dipelajari, akan tetapi juga memiliki kesadaran dan kemampuan bagaimana cara mempelajari yang harus dipelajari itu.
Learning to do mengandung pengertian bahwa belajar itu bukan hanya sekedar mendengar dan melihat dengan tujuan akumulasi pengetahuan, tetapi belajar untuk berbuat dengan tujuan akhir penguasaan kompetensi yang sangat diperlukan dalam era persaingan global.
Learning to be mengandung pengertian bahwa belajar adalah membentuk manusia yang “menjadi dirinya sendiri”. Dengan kata lain, belajar untuk mengaktualisasikan dirinya sendiri sebagai individu dengan kepribadian yang memiliki tanggung jawab sebagai manusia.
Learning to live together adalah belajar untuk bekerjasama. Hal ini sangat diperlukan sesuai dengan tuntunan kebutuhan dalam masyarakat global dimana manusia baik secara individual maupun secara kelompok tak mungkin bisa hidup sendiri atau mengasingkan diri bersama kelompoknya.
Proses pembelajaran yang akan disiapkan oleh seorang guru hendaknya terlebih dahulu harus memperhatikan teori-teori yang melandasinya. Ada beberapa teori belajar yang mendukung pembelajaran dengan pendekatan inkuiri diantaranya:
- Teori Piaget
Menurut Piaget perkembangan kognitif pada anak secara garis besar terbagi empat periode yaitu: a) periode sensori motor ( 0 – 2 tahun); b) periode praoperasional (2-7 tahun); c)periode operasional konkrit (7-11 tahun); d) periode operasi formal (11-15) tahun. Sedangkan konsep-konsep dasar proses organisasi dan adaptasi intelektual menurut Piaget yaitu: skemata (dipandang sebagai sekumpulan konsep); asimilasi (peristiwa mencocokkan informasi baru dengan informasi lama yang telah dimiliki seseorang; akomodasi (terjadi apabila antara informasi baru dan lama yang semula tidak cocok kemudian dibandingkan dan disesuaikan dengan informasi lama); dan equilibrium (bila keseimbangan tercapai maka siswa mengenal informasi baru).
- Teori Bruner
Teori belajar Bruner hampir serupa dengan teori Piaget, Bruner mengemukakan bahwa perkembangan intelektual anak mengikuti tiga tahap representasi yang berurutan, yaitu: a) enaktif, segala perhatian anak tergantung pada responnya; b) ikonik, pola berpikir anak tergantung pada organisasi sensoriknya dan c) simbolik, anak telah memiliki pengertian yang utuh tentang sesuatu hal sehingga anak telah mampu mengutarakan pendapatnya dengan bahasa.
Implikasi teori Bruner dalam proses pembelajaran adalah menghadapkan anak pada suatu situasi yang membingungkan atau suatu masalah.Dengan pengalamannya anak akan mencoba menyesuaikan atau mengorganisasikan kembali struktur-struktur idenya dalam rangka untuk mencapai keseimbangan di dalam benaknya.
- Teori Vygotsky
Teori Vygotsky beranggapan bahwa pembelajaran terjadi apabila anak-anak bekerja atau belajar menangani tugas-tugas yang belum dipelajari namun tugas-tugas itu masih berada dalam jangkauan kemampuannya (zone of proximal development), yaitu perkembangan kemampuan siswa sedikit di atas kemampuan yang sudah dimilikinya. Vygotsky juga menjelaskan bahwa proses belajar terjadi pada dua tahap: tahap pertama terjadi pada saat berkolaborasi dengan orang lain, dan tahap berikutnya dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi proses internalisasi. Selama proses interaksi terjadi, baik antara guru-siswa maupun antar siswa, kemampuan seperti saling menghargai, menguji kebenaran pernyataan pihak lain, bernegosiasi, dan saling mengadopsi pendapat dapat berkembang.
makasih atas berbagi ilmunya
Assalamu’alaykum, pak, komunikasi burner tu sama ga dg teori Bruner ???
Masih banyak teori yg belum q ketahui ,,,,,,,,,,,,,,,,,,^_^
terima kasih banyak sdh berbagi ilmu..:-)
sangat membantu
penjelasan nya singkat tapi sangat mudah di fahami. Tterimakasih pak.
makasih mas artikel’y,,bs mmbantu sy utk buat tgs…
[…] TEORI BELAJAR DALAM HERDY M.PD Like this:SukaBe the first to like this post. […]
sy ingin membuat ptk yg sesuai dgn daerah/lingkungan sekolah, masalahnya sy di pedesaan/pegunungan dn trima ksh sbelumnya…..
[…] Teori -Teori Belajar (Piaget, Bruner, Vygotsky) […]
Terima kasih ya pak mau berbagi sesama. Kami memang saat ini butuh informasi tentang teori belajar untuk persiapan ikut UKG.
Thanks atas ulasannya, semoga kualitas pendidikan Indonesia semakin baik!
trima kasih sudah berbagi ilmu, semoga tambah ilmu anda makin bertambah
terimakasih atas ilmu yang sudah dibagikan
Ndari
Terimakasih ya atas ulasannya tentang teori belajar, semoga pendidikan Indonesia semakin berkembang sesuai tujuan pendidikan nasional
Makasih. Teori ini udah lama saya cari
Terima kasih banyak atas informasinya khususnya dalam menghadapi UKG besok…
trimakasih, semoga berlipat ganda pahalanya
i like it
terima kasih pak atas teori belajarnya memang kami sangat membutuhkan dalam mencari solusi pembelajaran
Thx telah membantu saya. sangat bermanfaat bagi q. 🙂
terima kasih infonya
mohon izin share ya PAk
terima kasih ilmunya, mohon izin share njih,,
izin copy ya pak, maaf, untuk belajar mau UKA, makasih
izin copy mas…tapi nggak bisa diownload
suwun nggih………
trims pak….di tunggu lg infonya……..
trims……
thanks infonya pak. berguna buanget
makasih datanya,
[…] https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/teori-teori-belajar-piaget-bruner-vygotsky/ […]
terimakasih pak artikelnya bisa jadi referensi saya,…
Makasih Pak atas artikelnya bisa jadi referensi saya,dalam pengembengan profesi saya
[…] https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/teori-teori-belajar-piaget-bruner-vygotsky/ […]