Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
Jadi, metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya: (1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi; (4) simulasi; (5) laboratorium; (6) pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8) debat, (9) simposium, dan sebagainya.
Model pembelajaran. pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Kendati demikian, seringkali penggunaan istilah model pembelajaran tersebut diidentikkan dengan strategi pembelajaran.
H. Agus Maimun. Dosen UIN Malang menulis Teori pembelajaran adalah fakta, konsep, prinsip, dan prosedur pembelajaran yang telah diuji kebenarannya melalui pendekatan ilmiah (behavioristik, kognitivistik, konstruktivistik, perilaku sosial/social behavior).
Pendekatan pembelajaran adalah muatan-muatan etis-paedagogis yang menyertai kegiatan proses pembelajaran yang berisi religius/spiritual, Rasional/intelektual, Emosional, Fungsional, Keteladanan, Pembiasaan, dan Pengalaman.
Model pembelajaran kerangka konseptual yang melukiskan prosedur secara sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran (dick & carey, weils, benety, dll)
Jika strategi pembelajaran lebih berkenaan dengan pola umum dan prosedur umum aktivitas pembelajaran, sedangkan desain pembelajaran lebih menunjuk kepada cara-cara merencanakan suatu sistem lingkungan belajar tertentu setelah ditetapkan strategi pembelajaran tertentu. Jika dianalogikan dengan pembuatan rumah, strategi membicarakan tentang berbagai kemungkinan tipe atau jenis rumah yang hendak dibangun (rumah joglo, rumah gadang, rumah modern, dan sebagainya), masing-masing akan menampilkan kesan dan pesan yang berbeda dan unik. Sedangkan desain adalah menetapkan cetak biru (blue print) rumah yang akan dibangun beserta bahan-bahan yang diperlukan dan urutan-urutan langkah konstruksinya, maupun kriteria penyelesaiannya, mulai dari tahap awal sampai dengan tahap akhir, setelah ditetapkan tipe rumah yang akan dibangun.
Berdasarkan uraian di atas, bahwa untuk dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru dituntut dapat memahami dan memliki keterampilan yang memadai dalam mengembangkan berbagai model pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan, sebagaimana diisyaratkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Mencermati upaya reformasi pembelajaran yang sedang dikembangkan di Indonesia, para guru atau calon guru saat ini banyak ditawari dengan aneka pilihan model pembelajaran, yang kadang-kadang untuk kepentingan penelitian (penelitian akademik maupun penelitian tindakan) sangat sulit menermukan sumber-sumber literarturnya. Namun, jika para guru (calon guru) telah dapat memahami konsep atau teori dasar pembelajaran yang merujuk pada proses (beserta konsep dan teori) pembelajaran sebagaimana dikemukakan di atas, maka pada dasarnya guru pun dapat secara kreatif mencobakan dan mengembangkan model pembelajaran tersendiri yang khas, sesuai dengan kondisi nyata di tempat kerja masing-masing, sehingga pada gilirannya akan muncul model-model pembelajaran versi guru yang bersangkutan, yang tentunya semakin memperkaya khazanah model pembelajaran yang telah ada.
Sumber:
Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.
S. Nasution.Prof. Dr. M.A, 2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara, Jakarta.
Syaiful Sagala,H. DR. M.Pd, 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran, Penerbit ALFABETA, Bandung.
Suyatno, www. Klub guru. Com.
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zainal Aqib Elham Rohmanto,2006, Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah,Bandung, Yrama Widya, Bandung.
………………………, 2008, Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran (http://smacepiring.wordpress.com/).
tolong cari no nuptk saya, yang baru dulu double counting
Nama : Yeni Kurnia
TTl : Sumedang, 15 – 01 – 1966
Nama sklh : SMP N 1 Ciranjang
Kab. Cianjur Jawab Barat
No. Hp : 08112204027
terima kasih tolong sms kan ya…
Check NUPTK
terimakasih pak…
pak bapak ada teori membaca Al-Qur’an g?? saya lagi cari referensi pak…. terimakasih….
informatif ….!!!
Boleh minta kirim soal-soal test substantif Pak…??
terimakasih…
pak. ijin copy ya …. maturnuwun buat tambah pengetahuan
sangat bermanfaat. trims.
tolong kasi info tentang materi apa saja yg akan dibahas dlm ukg, bid studi bhs indonesia sma, trikasih…
trims……
terima kasih atas paparannya, semoga yang menyampaikan ilmu bermanfaat akan selalu mendapatkan rahmat
makasih ya sedikit membantu saya dalam memecahkan persoalan pembelajaran.
wah lumayan lengkap penjelasanya tapi untuk pelaksanaan mengajrnya gitu2 juga ya pak! Metodenya cbsa aja cul budak sina anteng hehe just kidding!
wah boleh juga tuh penjelasannya hebatlah si bapak tp waktu kbm mah pake metode CBSA aja kayak dulu CUL BUDAK SINA ANTENG hehe just kidding pak!
thanks teorinya…(walaupun sy tetep bingung membedakannya)..
Terima kasih…
terimakasih banyak pak infonya,,,,
siiip terimakasih membantu buat referensi di dunia maya..
maaf sebelumnya, saya add blog anda di blog saya, sebagai referensi,,,terimakasih sebelumnya
ass….. pak sya lg cari referensi mtode pembelajaran graduasi dan modeling ,bp pnya ga pak?
treimakasih
trims…
mantaap..syukron,jadi ada bahan untuk diklat hari ini..hehehheee
Terima kasih atas infonya Mner.. hehehe. Sebagai bahan referensi tugas mata kuliah perencanaan pengajaran saya..
jazakillah khoir ya atas rangkuman materi kuliah perencanaan pembelajarannya
trimakasih.metode,teknikmerupakan cara yang kita lakukan, model merupakan gaya yang kita buat untuk dilakukan dan strategi merupakan alat,media,taktik yang kita gunakan
Terima kasih atas referensi nya… sy lg butuh referensi tentang model pembelajaran mind mapping dan Crossword…
klo ada info terbaru please send to email : falevi_bathe@yahoo.co.id
terimakasih
saya mau tanya 🙂
kalo penbelajaran konvensional yang didalamnya terdapat metode ceramah tanya jawab dan tugas itu bisa dimasukkan kedalam model pembelajaran konvensional atau tidak?
Assalamu’alaikum
saya mau cari buku tentang conceptual understanding procedures (CUPs)
dan self esteem
kalau ada tolong hubungi saia ya ke fb aja atau balas coment saia
makasi
Pak minta tolong carikan nuptk sy. Nama : Yusni Fitria,A.Md Tempat/tgl lahir : Semarang,18 September 1977 Nama Sekolah : Kelompok Bermain PUCANG HARAPAN Kecamatn Mranggen Kabupaten Demak Propinsi Jawa Tengah. Sbelumnya terimakasih.
ada buku model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) gak??/
klw ad harap hubngi fb saya di vivi ntu defi loch
trma kasih
[…] https://herdy07.wordpress.com/2012/03/17/apa-perbedaannya-model-metode-strategi-pendekatan-dan-teknik… […]
hatur nuhun, jazakallahu khoir
terima kasih banyak mas…tulisannya sangat bermanfaat bagi saya yang ingin menggapai cita-cita mulia sebagai guru…:D
Judul buku yang memuat semua penjelasan tentang pernedaanmodel, metode, strategi, pendekatan, dan teknik pembelajaran apa ya?
Lw boleh sy mnta tolong buku yang terbaru ya pak n lengkap m daftar pustaka. 🙂
Semoga dibalas
mksih,,, ats ilmunya pak,,akhirnya sLsai juga tugas q..
thanks infonya…
Bila membutuhkan buku terkait Strategi dan Model Pembelajaran, silahkan hubungi kami toko buku bandung
Na, Jadi, didalam model ada metode. ok.?,
[…] https://herdy07.wordpress.com/2012/03/17/apa-perbedaannya-model-metode-strategi-pendekatan-dan-teknik… […]
kenapa ngk di beda-bedain pak… saya masi bingung antara metode dan strategi???
[…] https://herdy07.wordpress.com/2012/03/17/apa-perbedaannya-model-metode-strategi-pendekatan-dan-teknik… […]
terma kasih atas penjelasannya
Mohon maav pa saya mau bertanya, kenapa pas paparan diatas bahwa PAIKEM itu termasuk strategi pembelajaran,ko pas dikesimpulan PAIKEM masuk ke model,,mohon penjelasannya,,,trims
makasih infonya
[…] sumber: https://herdy07.wordpress.com/2012/03/17/apa-perbedaannya-model-metode-strategi-pendekatan-dan-teknik… […]
[…] sumber: https://herdy07.wordpress.com/2012/03/17/apa-perbedaannya-model-metode-strategi-pendekatan-dan-teknik… […]
[…] https://herdy07.wordpress.com/2012/03/17/apa-perbedaannya-model-metode-strategi-pendekatan-dan-teknik… […]
Luar biasa blog Anda. Salut, mengkhususkan tentang pendidikan, pembelajaran pada khususnya. Bisa sharing dengan laman saya http://www.suparlan.com?Terima kasih
pak,bisa kasih contoh strategi pembelajaran berbasis perbedaan individu dengan tema disiplin.
mksh sblmnya pak.
[…] https://herdy07.wordpress.com/2012/03/17/apa-perbedaannya-model-metode-strategi-pendekatan-dan-teknik… […]
lagi butuh buku Model Pembelajaran Konvensional
tolong bantuannya
Trimakasih artikelnya membantu sekali, izin mengcopy ya….
pak..say ijin kopi ya….
makasih…
artikelnya bermanfaat
[…] Sumber : https://herdy07.wordpress.com/2012/03/17/apa-perbedaannya-model-metode-strategi-pendekatan-dan-tekni… […]
ijin share ya pak
ijin nanya pak, d paragraf terakhir katanya model sering diidentikkan dgn strategi. Berarti model sama dengan strategi? Kata strategi bisa diganti dengan model dan sebaliknya? Contohnya, model frayer berarti bisa diganti dengan strategi frayer?
mau nanya pak. saya masih bingung bagaimana cara untuk membedakan model, pendekatan dan metode pembelajaran. apakah ada unsur2 khusus yang bisa dilihat untuk membedakan ketiga hal tersebut?
Terimakasih atas pembahasan yang begitu baik, menarik, dan cukup mudah untuk dimengerti. izin untuk menyalin beberapa kutipan diatas.
Terima kasih atas sharing ilmunya
Salam semangat guru!
Terimakasih atas share pengetahuan pada artikel ini. Semoga bermanfaat. Namun perbedaan antar konsep tersebut, tentunya, akan relatif lebih jelas lagi bila pembedaannya itu dilakukan dari per sudut pandang yang sama.
Terimakasih.
terima kasih banyak kakak..
Assalmualaikum pak, ijin tanya. Saya Mahasiswa semester akhir. saya menggunakan variabel kemampuan penalaran statistis (KPS). untuk KPS sendiri pada penelitian sebelumnya menggunakan Pendekatan Kontekstual. jika saya menggunakan model pembelajaran kooperatif, apakah akan menjadi penelitian yang relevan?
Nama julaida mengajar di TK bayyinah ajuen, Aceh besar, tahun 2007 belum pernah dapat nomor unptk. Mohon dicari ya. Terimakasih
Tolong cari NUPTK saya
Nama:Darlina br barus
Ttl:Berastagi,15 Nov 1985
Alamat: Desa barus julu kc;barus jahe
Bekerja di SD N 043947 tanjung barus
no hp:081360671514
Tolong cari NUPTK saya
Nama:Darlina br barus
Ttl:Berastagi,15 Nov 1985
Alamat: Desa barus julu kc;barus jahe
Bekerja di SD N 043947 tanjung barus
no hp:081360671514
Tolong cari tahu NUPTK saya…
Ina Helsi Ludji Wadu
Lobodei, 27 Juli 1990
Nama Sekolah : SD NEGERI TADA
Kabupaten Sabu Raijua
No hp 082359095012
Tolong carikan no nuptk saya pa.wawan suswanti.tgl lahir,29-10-1985.dari PAUD PERMATA BUNDA.Nama ibu saya Jartini.tolong ya pa
Tolong pa carikan nuptk saya.wawan suswanti Tgl lahir:Banjarnegara,29-10-1985.Dari KB PERMATA BUNDA Kecepit Banjarnegara.Nama ibu saya Jartini
Tolong carikan no nuptk saya pa.wawan suswanti.tgl lahir,Banjarnegara,29-10-1985.dari PAUD PERMATA BUNDA.Nama ibu saya Jartini.tolong ya pa
Terimakasih penjelasannya kak