Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode atau pendekatan dalam pembelajaran kooperatif yang sederhana dan baik untuk guru yang baru mulai menggunakan pendekatan kooperatif dalam kelas, STAD juga merupakan suatu metode pembelajaran kooperatif yang efektif.
Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD terdiri lima komponen utama, yaitu penyajian kelas, belajar kelompok, kuis, skor pengembangan dan penghargaan kelompok. Selain itu STAD juga terdiri dari siklus kegiatan pengajaran yang teratur.
Variasi Model STAD
Lima komponen utama pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu:
a) Penyajian kelas.
b) Belajar kelompok.
c) Kuis.
d) Skor Perkembangan.
e) Penghargaan kelompok.
Berikut ini uraian selengkapnya dari pembelajaran kooperatif tipe StudentTeams Achievement Division (STAD).
1. Pengajaran
Tujuan utama dari pengajaran ini adalah guru menyajikan materi pelajaran sesuai dengan yang direncanakan. Setiap awal dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD selalu dimulai dengan penyajian kelas.
Penyajian tersebut mencakup pembukaan, pengembangan dan latihan terbimbing dari keseluruhan pelajaran dengan penekanan dalam penyajian materi pelajaran.
a) Pembukaan
1) Menyampaikan pada siswa apa yang hendak mereka pelajari dan mengapa hal itu penting. Timbulkan rasa ingin tahu siswa dengan demonstrasi yang menimbulkan teka-teki, masalah kehidupan nyata, atau cara lain.
2) Guru dapat menyuruh siswa bekerja dalam kelompok untuk menemukan konsep atau merangsang keinginan mereka pada pelajaran tersebut.
3) Ulangi secara singkat ketrampilan atau informasi yang merupakan syarat mutlak.
b) Pengembangan
1) Kembangkan materi pembelajaran sesuai dengan apa yang akan dipelajari siswa dalam kelompok.
2) Pembelajaran kooperatif menekankan, bahwa belajar adalah memahami makna bukan hapalan.
3) Mengontrol pemahaman siswa sesering mungkin dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan.
4) Memberi penjelasan mengapa jawaban pertanyaan tersebut benar atau salah.
5) Beralih pada konsep yang lain jika siswa telah memahami pokok masalahnya.
c) Latihan Terbimbing
1) Menyuruh semua siswa mengerjakan soal atas pertanyaan yang diberikan.
2) Memanggil siswa secara acak untuk menjawab atau menyelesaikan soal. Hal ini bertujuan supaya semua siswa selalu mempersiapkan diri sebaik mungkin.
3) Pemberian tugas kelas tidak boleh menyita waktu yang terlalu lama. Sebaiknya siswa mengerjakan satu atau dua masalah (soal) dan langsung diberikan umpan balik.
2. Belajar Kelompok
Selama belajar kelompok, tugas anggota kelompok adalah menguasai materi yang diberikan guru dan membantu teman satu kelompok untuk menguasai materi tersebut. Siswa diberi lembar kegiatan yang dapat digunakan untuk melatih ketrampilan yang sedang diajarkan untuk mengevaluasi diri mereka dan teman satu kelompok.
Pada saat pertama kali guru menggunakan pembelajaran kooperatif, guru juga perlu memberikan bantuan dengan cara menjelaskan perintah, mereview konsep atau menjawab pertanyaan.
Selanjutnya langkah-langkah yang dilakukan guru sebagai berikut :
1) Mintalah anggota kelompok memindahkan meja / bangku mereka bersama-sama dan pindah kemeja kelompok.
2) Berilah waktu lebih kurang 10 menit untuk memilih nama kelompok.
3) Bagikan lembar kegiatan siswa.
4) Serahkan pada siswa untuk bekerja sama dalam pasangan, bertiga atau satu kelompok utuh, tergantung pada tujuan yang sedang dipelajari. Jika mereka mengerjakan soal, masing-masing siswa harus mengerjakan soal sendiri dan kemudian dicocokkan dengan temannya. Jika salah satu tidak dapat mengerjakan suatu pertanyaan, teman satu kelompok bertanggung jawab menjelaskannya. Jika siswa mengerjakan dengan jawaban pendek, maka mereka lebih sering bertanya dan kemudian antara teman saling bergantian memegang lembar kegiatan dan berusaha menjawab pertanyaan itu.
5) Tekankan pada siswa bahwa mereka belum selesai belajar sampai mereka yakin teman-teman satu kelompok dapat mencapai nilai sampai 100 pada kuis. Pastikan siswa mengerti bahwa lembar kegiatan tersebut untuk belajar tidak hanya untuk diisi dan diserahkan. Jadi penting bagi siswa mempunyai lembar kegiatan untuk mengecek diri mereka dan teman-teman sekelompok mereka pada saat mereka belajar. Ingatkan siswa jika mereka mempunyai pertanyaan, mereka seharusnya menanyakan teman sekelompoknya sebelum bertanya guru.
6) Sementara siswa bekerja dalam kelompok, guru berkeliling dalam kelas. Guru sebaiknya memuji kelompok yang semua anggotanya bekerja dengan baik, yang anggotanya duduk dalam kelompoknya untuk mendengarkan bagaimana anggota yang lain bekerja dan sebagainya.
3. Kuis
Kuis dikerjakan siswa secara mandiri. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan apa saja yang telah diperoleh siswa selama belajar dalam kelompok. Hasil kuis digunakan sebagai nilai perkembangan individu dan disumbangkan dalam nilai perkembangan kelompok.
4. Penghargaan Kelompok
Langkah pertama yang harus dilakukan pada kegiatan ini adalah menghitung nilai kelompok dan nilai perkembangan individu dan memberi sertifikat atau penghargaan kelompok yang lain. Pemberian penghargaan kelompok berdasarkan pada rata-rata nilai perkembangan individu dalam kelompoknya.
🙂 60 MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF lainnya 🙂
<<<<klik di sini>>>>
INFO TAMBAHAN
Dapatkan contoh beasiswa pemerintah provinsi.
🙂 🙂  <<klik di sini>> 🙂 🙂
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI MODEL PEMBELAJARAN INI APA…????Plizzzz dblz
penting ni utk literatur skripsi q…
Thanks 🙂
metode ni ap bisa digunakan dalam meningkatkan speaking anak2 SMA,..???
n tolong berikan kelebihan n kekurangan metode ni,..
trims,.
ditunggu balasanya,..^.^
terima kasih atas penyajian metode ini semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi siap saja
berapa lama siklus itu dilaksanakan, 1 bln kah ato bisa kurang????
balas. nuwun!
Materi apasajakah yang cocok untuk model pembelajaran ini bagi guru matematika?
To : Sani
Pada dasarnya semua materi bisa diajarkan dengan STAD, tetapi untuk materi yang relatif sulit, perlu peran guru yang lebih dominan…
mas tolong sich,,, kelebihan dan kekeurangan stad apa…buat skripsi
tolong kirimkan materi tentang model pembelajaran kooperatif tipe stad yang lebih lengkap, thanks.
aku juga tertarik dengan metode ini bisa di kirimkan data lebih lengkapnya gak mas? n materi apa yang cocok disajikan dengan metode ini (dalam bahasa indonesia)? terimakasih
He he he salam-salim-slamet deh
Terimakasih sebelumnya…..
banyak model pembelajaran yang diterapkan oleh peneliti pendidikan saat ini, tapi memang model STAD memang paling cocok untuk berbagai macam pemecahan masalah untuk pendidikan maupun non-pendidikan saat ini.
trim’s…..!
tolong kirimkan tentang data model pembelajaran stad kekurangan dan kelebihannya. thank all
mana……………..kelebihan dan kekurangan yang dimaksud???????????????????????????????????
aq mau tanya jg ni mas utk pelajaran bahasa inggris materi apa yag cocok di sajikan dgn metode ini trims
metode stad bisa diterapkan di sd ngga ……. dan untuk mata pelajaran apa
gimana cara perhitungan quis score pd stad…???tlong dibls yaCh,,trims
subhanallah anda rajin banget
mas Herdi terima kasih atas infonya semoga menjadi amal soleh kelak di akerat amin.
Mohon dengan hormat supaya mengirimkan :
Penerapan Model Pembelajaran STAD IPS SD.
Terima kasih sebelumnya.
Wassalam
iya, kelebihan dan kekuranganya dong pa, tapi makasih sebelumnya telah menulis ini..
terima kasih.., sangat bermanfaat bagi saya
huhuhuuuuh. mana kelebihan n kekurangannya
udah mending di postingin dlu.. kan bisa di lihat di buku relevansinya. seperti slavin, richard I arends, anita lie..
buat penulis, baiknya di beri daftar pustaka juga, selain lebih ilmiah kan bisa serch jika ada kekurangan. trimakasih.
model pembelajaran STAD untuk lembar evaluasi boleh tidak jika diubah siswa yang ditugaskan untuk membuat soal dan kunci jawabannya yg nanti akan ditukar dengan lain kelompok?
Bedanya dengan TGT apa ya…
Bedanya dengan TGT?
kelebihan dan kelemahan kooperatif tipe stad ini mana…??? dan bab apa yang cukup cocok untuk tipe ini…
terima kasih atas informasinya Pak,tapi belum detail ya Pak
oh blm detail tah
kekurangan model stad ne ap sch???
.,ne bwt materi tgas kuliah
d bntu yach.,
mohon ijin pak, sedikit mengambil buat tambahan materi ptk! terimaksih !
ijin copas pak…. buat ptk… 😀
Makasih gan, ini membantu saya
saya lagi nyari buku tentang TAI,,bisa kasih tau judul buku dan pengarang yang berisikan Tai ini mas,,,mohon bantuannya,,terimakasih,,,
pak untuk melihat ciri skripsi ptk dan selainnya kalau di lihat dari judul biasanya kt apa yang sering muncul di dalam PTK Dan selain ptk pk aku di dlm membuat judul skirpsi judul ini upaya peningkatan pemahaman matematika pd sekolah dasar menggunakan pembelajaran stad yang mau sy tanyakan apakah judul tersebut salah satu judul untuk ptk atau bukan kalau seandainya judul tersebut ptk terus apa yang hrs di ganti tanpa menghilangkan metode stad
To : Magrib
Penulisan judulnya seperti ini saja:
“………………Judul…………………..”
(PTK pada siswa kelas X.1 SMAN 1 …….)
tlong krimin tjuan pemblajaran stad
Maaf…contoh kuis dan cara penyampaian pembelajaran STAD bgaimana, cocok gk buat PTK IPA Kenampakan langit kls 4. trims ditunggu jwbnya!!
boleh tau ga pak nyari refrensi buku tntang STAD itu buku yg cirinya seperti apa? saya pengen membeli..info ditunggu segera pak,.,,thx
buku STAD punya robert slavin , RE 1995. cooperative learning Boston : allya Bacon
Assalam. Boleh saya minta literatur atau sumber materi di atas?? kalau ada saya minta. terimakasih.
terimakasih untuk artikelnya, Pak. Saya bertanya sedikit ya, Pak. Jadi sebenarnya STAD itu termasuk Model pembelajaran, metode pembelajaran, pendekatan, atau apa??
terima kasih sebelumnya jika bapak berkenan menjawab pertanyaan saya.
Pak tlg kirim kelebihan dan kekurangan STAD beserta sumbernya karena buat skripsi
Sorry teman…menurut literatur yang pernah sy baca; STAD itu bukan model tetapi salah satu TIPE dari Model Pembelajaran kooperatif. Tipe-tipe dari Model Pemb.Kooperatif yg lain misalnya NHT, TGT, TPS, TAI, Group Investigation, CIRC, dll. Agar tidak ditukar balikan mana induk dan mana anaknya, mana pohon mana cabangnya. Sehingga penyebutan yang pas adalah model pemb.koop.tipe STAD.
Makasih pak, tulisan ini sangat membantu saya.
Sepertinya bagus juga model pembelajaran STAD, nanti akan saya terapkan pada peserta didik saya. Thank’s infonya.
penting banget buat tugas kul
saya belum mengerti tentng pelaksanaan kuis di model STAD ini, apakh setelah mengadakan kuis masih diadakan sola tes? cz tes ama kuiz sama2 tugas individual? bagai mana cra penilainnyanya di BAB 4, jika da Kuis, LKS, dan TES…mohon dijelaskan butuh Banget Buat skripsi aku. Makasih Pak.
Gimana penerapan metode stad Kalau ngajar praktek Kayu
SOhib Mw tnya nh.. APA PERBEDAAN TIPE TAI DNGN TIPE STAD
kelebihan n kekurangan tipe stad???????????????
perbedaan stad n jigsaw
sukses sekarang ya brooo
trimakasi
maaf, apa bisa model TAI bisa digunakan pada mata pelajaran IPA SD.?
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI MODEL PEMBELAJARAN INI APA Gan??
sblumnya thank’s
Jadi penasaran mw garap dkripsi dgan metode STAD
TRIMAKASIH NI SANGAT BERMANFAAT
PAK TOLONG KL PUNYA CONTOH PTK STAD DI E MAIL KE SAYA
Artikel ini sangat bermanfaat bagi saya semoga bermanfaat juga untuk orang lain, sehingga saya berbagi di fb
pak tolong email materi STAD ke email saya soalnya buat tugas PKP, semester akhir
lw video nya ad gk??
TRIMS ATAS BANTUANNYA BPK MENCARI TEKNIK STAD SUSAH
[…] https://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-stad-student-teams-achievement-division/ […]
[…] herdy07.wordpress.com […]
Mau tanya, apa perbedaan metode/pendekatan dengan model. Soalnya judul skripsi saya menggunakan pembelajaran tipe STAD dan TGT. Ada yang bilang STAD dan TGT adalah pendekatan tapi sebanyak buku yang saya baca mengemukakan kalau STAD dan TGT itu adalah model pembelajaran. Terimakasih
Minta petunjuk cara penghitungan tes STAD,rumit buat sy,tlg di bantu,sukron
Mohon maaf, bila posting tentang suatu pembelajaran tolong yang mengutipnya ditampilkan. itu kan pengertian STAD yang mengutip si Robert Salvin dan teman-temannya di Universitas John Hopkin (dalam Salvin, 1995). dalam buku Mengenal Metode Pembelajaran. Penulis: Muhammad Anas; Cetakan 1 – Pasuruan. Penerbit: CV. Pustaka Hulwa. 2014. maaf biar mahasiswa atau para pengguna biar tau pengutipnya biar jelas
terima kasih, potingannya sangat membantu