Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran yang mengutamakan adanya kerjasama antar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Para siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dan diarahkan untuk mempelajari materi pelajaran yang telah ditentukan. Tujuan dibentuknya kelompok kooperatif adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat terlibat secara aktif dalam proses berpikir dan dalam kegiatan-kegiatan belajar. Dalam hal ini sebagian besar aktifitas pembelajaran berpusat pada siswa, yakni mempelajari materi pelajaran serta berdiskusi untuk memecahkan masalah
Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Tipe ini dikembangkan oleh Kagen dalam Ibrahim (2000: 28) dengan melibatkan para siswa dalam menelaah bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut.
Ibrahim mengemukakan tiga tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran kooperatif dengan tipe NHT yaitu :
1. Hasil belajar akademik stuktural
Bertujuan untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik.
2. Pengakuan adanya keragaman
Bertujuan agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai latar belakang.
3. Pengembangan keterampilan social
Bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa.
Keterampilan yang dimaksud antara lain berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, mau menjelaskan ide atau pendapat, bekerja dalam kelompok dan sebagainya.Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT merujuk pada konsep Kagen dalam Ibrahim (2000: 29), dengan tiga langkah yaitu :
a) Pembentukan kelompok;
b) Diskusi masalah;
c) Tukar jawaban antar kelompok
Langkah-langkah tersebut kemudian dikembangkan oleh Ibrahim (2000: 29) menjadi enam langkah sebagai berikut :
Langkah 1. Persiapan
Dalam tahap ini guru mempersiapkan rancangan pelajaran dengan membuat Skenario Pembelajaran (SP), Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Langkah 2. Pembentukan kelompok
Dalam pembentukan kelompok disesuaikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Guru membagi para siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-5 orang siswa. Guru memberi nomor kepada setiap siswa dalam kelompok dan nama kelompok yang berbeda. Kelompok yang dibentuk merupakan percampuran yang ditinjau dari latar belakang sosial, ras, suku, jenis kelamin dan kemampuan belajar. Selain itu, dalam pembentukan kelompok digunakan nilai tes awal (pre-test) sebagai dasar dalam menentukan masing-masing kelompok.
Langkah 3. Tiap kelompok harus memiliki buku paket atau buku panduan
Dalam pembentukan kelompok, tiap kelompok harus memiliki buku paket atau buku panduan agar memudahkan siswa dalam menyelesaikan LKS atau masalah yang diberikan oleh guru.
Langkah 4. Diskusi masalah
Dalam kerja kelompok, guru membagikan LKS kepada setiap siswa sebagai bahan yang akan dipelajari. Dalam kerja kelompok setiap siswa berpikir bersama untuk menggambarkan dan meyakinkan bahwa tiap orang mengetahui jawaban dari pertanyaan yang telah ada dalam LKS atau pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. Pertanyaan dapat bervariasi, dari yang bersifat spesifik sampai yang bersifat umum.
Langkah 5. Memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban
Dalam tahap ini, guru menyebut satu nomor dan para siswa dari tiap kelompok dengan nomor yang sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban kepada siswa di kelas.
Langkah 6. Memberi kesimpulan
Guru bersama siswa menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan.
Ada beberapa manfaat pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap siswa yang hasil belajar rendah yang dikemukakan oleh Lundgren dalam Ibrahim (2000: 18), antara lain adalah :
- Rasa harga diri menjadi lebih tinggi
- Memperbaiki kehadiran
- Penerimaan terhadap individu menjadi lebih besar
- Perilaku mengganggu menjadi lebih kecil
- Konflik antara pribadi berkurang
- Pemahaman yang lebih mendalam
- Meningkatkan kebaikan budi, kepekaan dan toleransi
- Hasil belajar lebih tinggi
🙂 60 MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF lainnya 🙂
<<<<klik di sini>>>>
INFO TAMBAHAN
Dapatkan contoh beasiswa pemerintah provinsi.
🙂 🙂 <<klik di sini>> 🙂 🙂
mksih ya her…
To: ima
Oke… Kalo butuh info lagi tentang model pembelajaran NHT, bisa reques di komentar…
bukunya tentang nht it judulny ap n pengarangny siapa?
mas herdian, minta informasi buku yang mengulas tentang NHT. Judul, penulis dan penerbitnya. atau kalau ada jurnal-jurnal internasinal tentang NHT. makasih sebelum dan sesudahnya.
maz pny artikel tentang kagan g?yg berhubungan dgn NHT?
thankz b4
mas , bisa minta informasi buku yang mengelas tentang NHT. judul n penerbitnya. thanks ya.
mz, saya mau tanya judul buku yang mengupas habis masalah nht. thnks y mz
tolong jelasin secara lebih detail lagi tentang pembelajaran koopertif tipe NHT..? MAKASIH
bisa minta informasi buku yang mengelas tentang NHT. judul n penerbitnya. thanks ya.
tolong jelasin secara lebih detail lagi tentang pembelajaran koopertif tipe NHT..? MAKASIH
Kalau untuk pembelajaran kimia gmana? Tlg dunk kasi ide judul yang tepat untuk kimia kelas XI Smstr 2..to judul skripsi @fkip
mz, izin di-copy ya?….makasi
lg ngumpulin bahan soalnya
mas bisa minta judul2 buku yg membhas tentang NHT ngk?
Saya propsal yg berhubungn dgn NHT, trima ksh sblumnya
assalamu’alaikum
afwan ,ana ijin copy paste y…syukron…
sama seperti komen lainnya. apa bisa dijelasin lebih detail tentang NHT? penggunaannya dlm writing, kelebihan dan kekurangannya apa? jazakillah khoiron atas jawabannya
boleh tahu judul buku lain yang sama
terimakasih mas, postingannya banyak membantu. salam kenal
THANK’S YA…..SAYA DAPAT BANYAK ILMU NE
Terima kasih infonya.
Pak, kalau boleh saya mau minta judul2 buku tentang nht sekalian penerbitnya, juga buku tentang CTL. terima kasih…
bisa kirim literatur tentang NHT Pak . Makasih bantuannya
ASS,mas mnta jdul bkux dong yg mngpas tntng NHT!!!!!!!
makasih untuk artikelnya, kalo boleh saya tanya, model ini cocok dengan materi kimia apa? khususnya semester genap untuk SMA. makasih
misal kita mau membelajarkan tentang operasi hitung bilangan kalas 2 sd tapi menggunakan model NHT gimana?makasih sebelumnya.
ASS,mas sama dengan yang lain nya,mnta jdul bkux dong yg mngpas tntng NHT di minta sama dosen ta cari tapi ng ketemu2 jg. mksh sebelum nya!!!!!!!
mas saya mau cari buku’y,kira2 apa ya mas judul buku tentang metode NHT,dan karangan’y siapa..?
pak bisa minta judul buku yang berkaitan dengan nht sekalian dengan pengarang dan penerbitnya….
mas saya mau nyari buku tentang NHT. ksi tau dong referensi nya……makasi
minta tolong kasi tau donk buku apa saja yg di pake untuk referensi metode NHT
mas, z punya tugas, NHT itu pernah diujicobakan dimana,
mksudx penemux itu siapa dan diujicobakan dimana? mohon penjelasannya…………. thax b4
Thanks. bisa ga minta penjelasanya lebih detail. Good Luck
ass…
pa kabar kak…
kak klo tipe NHT cocok gak bwt anak2 yang agak kurang pinter …
asslm…
pak herdi ap model pembelajarn NHT bisa di pake di semua jenjang pendidikan… trima kasih
mas kirimi q tentang artikel tentang NHT dunk yang lebih lengkap lag.thanks
mas bisa minta tolong kasitau buku dan pengarang yang ngebahas NHT. saya lagi skripsi mas, saya butuh referensi..saya minta tolong banget ya mas..di tunggu…
Asslmkm..
Mf pak,
bisa kirimi sya,
Prinsip2 dan Karakteristik NHT.
mksih…
Kak tolong kirim referensi model pembelajaran kooperatif tipe TAI secara gamblang, thanks….
mas Herdi, terimakasih. aku jadi lebih faham lagi ttg model pembelajaran ini. Akan segera dicoba di kelas !
permisi mau tanya… buku ibrahim tu buku apa ya?judulnya apa?mksih…
assalamu’alaikum. mas ijin copy ya. terima kasih
assslamualaikum…
trimakasih sebelumya,,,,,,mas tlong refensi bukunya dari mana saja,,,,,Please Help me
wsalam……
aslm. Mas,blh judul buku yg mengulas lebih bnyk tentang model pemb. NHT?
boLeh tahu juduL buku ttg NHT ndak??
pak,,,saya mau minta judul buku yang membahas NHT sekalian penerbit dan pengarang nya, mksh sebelumnya,,,
assalamualaikum. mas saya boleh minta judul buku yang online yang berhubungan dengan model NHT ???
assslamualaikum…
mas herdian, minta informasi buku yang mengulas tentang NHT. Judul, penulis dan penerbitnya. atau kalau ada jurnal-jurnal internasinal tentang NHT. model ini cocok dengan materi kimia nggak?
trimakasih sebelum dan sesudahnya.
Selamat Siang,
Mas bisa minta tolong..
saya sangat kesulitan mencari buku Tipe NHT di daerah Pekanbaru – Riau.
Proposal saya mengulas tentang NHT ini, bisa minta referensi dimana cari buku tersebut mas?
Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.
ass…minta tolong penjelasan model NHT yg lebih akurat, karena saya masih belom banyak tahu tentang model ini, dan saya mau bertanya apakah ada buku yang membahas lebih mendalam mengenai model ini, berhubung saya sangat membutuhkan referensi tentang model ini, sebentar lagi saya mau buat proposal. mohon bantuanya.
terimah kasih sebelumnnya.
hormat saya Rira…
kalau bisa kirim saja di email saya…
maaf,,,
mb skrang dah tau buku yg membahas lbih mendalam mengenai NHT blum mb,,,saya boleh minta di kirimin gx mba buku ap itu,,,
ASSS.mas tolong krimkan sy dimana kita bisa dapatkan buku NHT dan siapa pengarangnya.makasih
mas bisa minta tolong yang jual pembelajaran kooperatif dimana soalnya q cari di yogyakarta n salatiga tidak ada.
tolong mas balas secepatnya…
mas, apa kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran kooperatif tipe NHT ?
makasih
terima kasih
sangat berguna untuk saya
Assalamu’alaikum Warohmatullah,terima kasih atas informasi nya Pak,Wassalam
klo bleh,, sy pengen tahu teori belajar yg terkait dg model pembeljaran NHT it ap y?? susah sekali dicari
makasih y pak,,,,,boleh tanya gak pak…penilaian dalam bentuk rubrikx?????
Ass. mas….saya ini lagi butuh referensi buku yang membahas masalah NHT, tlg ya mas informasikan nama buku dan pengarangnya……? Tanks banget atas pertolonganya.
Ass….
mas tolong sumber buku yang mengenai NHT cz saya lagi butuh banget mau nyusun skripsi……
judul skripsi saya mengenai masalah NHT ini…..
terima kasih sebelumnya mas…..saya mohon bantuannya
mas bisa kirimkan nama pengarang plus penerbitnya tentang numbered head together ke emailku? trims
mas kok gitu sih blognya nga lengkap,,,, klo buat blog tolong dong yang berguna bagi kt semua ok oko ok
pak tolong krim referensi mengenai NHT dungk,,,,,tolong y pak,,,
mkasih y pak,,,
Trimakasih banget infonya ……… izin ngopy ya mz TQ
terim kasih bnyak
aku sangat berterima kasih amah bang HerdyAllayyubi karena membantu saya tentang pembelajaran NHT, tolong kreasi anda jangan diputuskan.ok
asw…
dalam nht dberikan LKS pd setiap klmpok,,apakah soal pd LKS tiap klmpok berbeda ataukah sama?
trmksh…
minta judul buku, pengarang sama tahunnya dong mas. butuh ney buat skripsi
Q mw nyusun skiripsi.pengin ngambil NHT.sama ky yg lain, Qminta judul buku n pengarangny juga donk.makasih
bisa minta judul buku, pengarang ma pnerbitnya tidak, saya lagi proposal tentang nht. terimakasi
thx mz…. sy mw nyusun skripsi tentang NHT,,,minta judul buku n pengarangnya..trz dlm NHT dberikan LKS pd setiap klmpok,,apakah soal berbeda ataukah sama?
trmksh…
tolong dikirimin kelebihan dan kekurangan NHT
mas
boleh minta referensinya ga?
buat proposal skripsi
thanks
mohon bantuannya
Assalamu’alaikum… bpk… sebenarnya ciri khusus NHT yang paling menonjol itu apa? terimakasih
Assalamu’alaikum… bpk… sebenarnya ciri khusus NHT yang paling menonjol itu apa? terimakasih
soalnya pada waktu ujian proposal,, hal itu ditanyakan oleh dosen penguji
assalamualaikum..
mas..saya ini mw ngangkat NHT sbagai judul proposal saya yg jd mslahnya judulnya ada tambahannya lagi ini judul saya mas “PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TUGAS MENULIS JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR”
bagaimana ya mas…tolong bangat bantunyaaa…terimakasih
aslmkm, pa…….sy mw nyusun skripsi tentang NHT,,,minta judul buku n pengarangnya.
trmksh…
mas,,,,,mintak judul buku ma pengarangnya…yang banyak mengulas tentang NHT dong….btuh bgt nh,,,,,,,,
Terima kasih ya pak……sekarang sy jadi lebih banyak tahu ni ttg NHT.
saya mw nyusun skripsi tentang NHT,,,minta judul buku n pengarangnya..trz dlm NHT dberikan LKS pd setiap klmpok,,apakah soal berbeda ataukah sama?
trmksh…
maksh pak hardian
sy rukayah dari smp n 11 banda aceh mau mengadakan penelitian dan mencoba nht di kelas sy doakan spy berhasil
tapi saya butuh dalam b inggris supaya sy tdak capek capek lagi menterjemahkan sendiri lho pak
warm regard
Mas, boleh minta judul buku yang ditulis oleh Ibrahim dalam penulisan tentang NHT. Karena 6 langkah dari pelaksanaan NHT saya mengikuti dari Ibrahim. Trima kasih ya mas, mohon balasannya
sama kayk mbk selsiana,,dftr pustakanya ibrahim apa y,,krim ya ke piss_8@yahoo.com
makasih
Aduh makasih banget..lg nyusun skripsi ni,jadi btambah wawasannya..
selamat siang, aku mau nyusun skripsi dengan menggunakan model nht tolong dikirimkan judul buku dan pengarangnya. trima kasih
assalamulaikum mas, saya mau nyusun skripsi
boleh ga saya minta informasi mengenai judul buku model pembelajaran NHT dan pengarangnya..terima kasih.
mas, ada gak kelemahan dan kelebihan NHT??
assalam….
pak z mw bertanya, apa kelebihan dan kelemahan dari NHT???
trus klo klo pada mata pelajaran IPA cocok tdk NHT d gunakan???
makasiihh mas her,, ada buku yang mmbahas tentang NHT tdk ?
Mas tolong info mengenai situs online yg biasa membahas mengenai metode NHT?
mas bisa kasi tau buku yg membahas tentang NHT ini?
nama pengarang dan penerbitnya.
kalau bisa bukunya cuma membahas NHT aja.
mohon bantuannya ya?
tolong donk referensi buku yg lengkap mengulas tentang NHT , thanks before …
terimakasih untuk artikelnya….
Mas btuh referensi tentang nht tahun kluaran 2005 keatas ad g?
mas ada jurnalnya gk? tentang pengaruh model NHT terhadap motivasi siswa,, saya kesulitan nyari jurnalnya,, thanks,,
boleh minta referansi, nama buku+pengarang NHT?,
trimaksih…
Penjelasannya singkat tapi sangat membantu…
Terima kasih…
mas bisa minta tolong kirimin nama pengarang dan judul buku tentang buku NTH ini, klo bisa yang lengkap,,saya butuh baget mas bukunya
mas tolong kasih tau judul buku n pengarangnya mas tentang model nht ini kalo bisa yang lengkap mas…secepatnya mas
bisa minta tolong kirimin referensi jurnal ato pun buku yang berkaitan dengan NHT g mz? terimakasih
tlong ksh thu tntang judul buku n nama pengarang untu’model pembelajaran NHT donk..coal.e butuh buat skripsi nich..trima kasih sebelumnya..
untuk penomorannya, kalau jumlah siswa dalam atu kelompok itu misalkan berjumlah 5, apakah nomor yang diberikan pada masing masing kelompok itu sampai lima nomer?????
coba bapak kirem tentang pembelajaran kooperatif NHT dengan lengkap ke alamat email m.nur_unsyiah@yahoo.com
pak, ,
kalau jurnal tentang penerapan model NHT ada mohon infonya yaaa……..?
kak ada jurnal nht yang dipandu ama tps terus dikemas melalui kegiatan lesson study gak?????
tata tertib yang digunakan guru dalam Number Head Together itu apa saja????
Ada ga jurnal tentang hubungan NHT dan berpikir kritis siswa?
makasih
Kalo blh tw, judul buku ibrahim ny ap?
Tolong informasikan judul buku ibrahim itu dong pak, penulis nya dan terbitan bserta tahun terbitnya,
trima ksih pak
pak, buku ibrahim itu apa ya judulnya? mohon bantuanya 😦
asalamualaikuuum
bapaaak mau dung referensi tentang NHT… karena saya berniat untuuk mengangkat NHT dalam skripsi saya
terimakasiiiih
mas, kalu boleh saya minta referensi lengkapnya, seperti judul dan pengarang buku tentang metode NHT ini, kalau bisa dikirimkan lewat email saya mas ke dessyaiueo@gmail.com terima kasih.
salam
saya mau buat skripsi, judul nya ttg penerapan model pembeljaran NHT.
SAYA BISA JUDUL BUKU APA SAJA YANG MENGULAS TTG NHT ini?
tolong kirim ke alamat email saya fantytambunan@gmail.com
thanks before.
Assalamu’alaikum….maaf mas sama mas ane boleh tahu tentang buku yang mengulas tentang NHT mas ….lagi nyusun mas kayaknya menarik banget,,,,kirim ke email sy ya mas…prastiyoe@yahoo.com
nuhun ya mas
Assalamu”alaikum….maaf pak minta referensi buku NHT ya pak…
kirim prastiyoe@yahoo.com
nuhun ya pak
salam
saya mau buat skripsi, judul nya ttg penerapan model pembeljaran NHT.
kalu boleh saya minta referensi lengkapnya, seperti judul dan pengarang buku tentang metode NHT ini?
tolong kirim ke alamat email saya khurinhilmy@gmail.com
saya masi cari judul tesis boleh mintah tolong cariakn judul saya ada coba cari otak atik sampai tidak dapat ini caranya bagimana e untuk dapat judul.
Terima kasih ya, atas masukan ilmunya. Bermanfaat sekali bagi saya buat diterapkan kepada siswa2 saya. Mungkin ada videonya yang bisa saya lihat melalui you tube?
pak saya mau bertanya judul buku, penerbit, pengarang yang membahas tuntas tentang pembelajaran NHT itu sendiri apa yah pak??
terimakasih, mohon infonya yh pak.
assalamualikum wr.wb, mas herdian tolong carikan buku, jurnal internasional, jurnal nasional, artikel dan ptk yang memuat ttg penerapan model pembelajaran NHT. Tolong kirim ke nurulngaenis@yahoo.com. trims atas bantuannya
[…] https://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-nht-numbered-head-together/ […]
assalamualikum wr.wb, mas herdian tolong carikan buku, jurnal internasional, jurnal nasional, artikel dan ptk yang memuat ttg penerapan model pembelajaran NHT. informasi buku yang mengulas tentang NHT. Judul, penulis dan penerbitnya. makasih sebelum dan sesudahnya
hatur nuhun
model ini di kombinasikan dgn NHT cocok ga kira kira….
maksd nya NHT dengan word square
[…] https://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-nht-numbered-head-together/ […]
number heads together itu bisa dak dipakai dengan mengajar reading comprehension? tolong infonya ya….
[…] https://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-nht-numbered-head-together/ […]
gan tlong minta judul buku dan pengarangnya dong buat skripsi nih mngenai NHT
Mas bisa minta tolong dijelaskan lebih detail mengenai kegiatan-kegiatan dalam langkah pembelajaran NHT ??? trima kasih sebelumnya
assalamualaikum, maaf pak apakah ada buku atau jurnal-jurnal internasional maupun jurnal internasional? kalau ada boleh saya minta alamat jurnal dan judul buku beserta penulisnya? dan apakah model pembelajaran ini bisa digunakan untuk anak sekolah dasar? terimakasih sebelumnya.